Manfaat Bawang Putih

07.38
Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih

Bawang putih atau yang memiliki nama latin Allium sativum atau dalam bahasa Inggris garlic adalah salah satu dari tanaman rempah dapur yang sering kali dipakai sebagai bumbu masakan. Selain dipakai sebagai bumbu masakan, bawang putih juga menjadi salah satu dari tanaman rempah dapur yang sering kali di gunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Bawang putih telah digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun. Bawang putih sebenarnya tumbuh dan berasal dari Asia Tengah. Namun dalam catatan Mesir kuno, bawang putih telah digunakan sebagai campuran masakan bahkan pengobatan.

Bawang putih sangat populer di Indonesia karena digunakan hampir di setiap makanan dan masakan sebagai bumbu. Bawang putih telah digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit.

Bawang putih juga dijuluki sebagi umbi seribu khasiat karena membantu mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini karena bawang putih mengandung sulfur, yang membuat bawang putih memiliki aroma yang khas. 

Nah, berikut adalah Macam Macam Manfaat Bawang Putih


Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan


Kandungan sulfur bawang putih mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis atau mengerasnya pembuluh arteri. Bawang putih melindungi jantung dari penyakit seperti serangan jantung dan atherosclerosis.

Bawang putih juga merupakan sumber selenium. Allicin, bersama dengan bahan lain seperti ajoene, allilin, dll yang dikandung oleh bawang putih juga memiliki efek bagi peredaran darah, pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah, detoksifikasi, penyembuhan, dll. Bawang putih juga mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. 

Bawang putih membantu mengontrol virus, jamur, ragi, dan infeksi cacing. Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur, seperti kurap dan panu. 

Kemampuan bawang putih melawan infeksi dan bakteri membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi kutil, bisul, dan masalah kulit lainnya. Mengoleskan ekstrak bawang putih pada bisul dan kutil pada kaki atau tangan dapat membantu mengobati dan menyembuhkannya.

Bawang putih juga memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi. Kandungan anti-arthritic bawang putih berasal dari diallylsulphide dan thiacremonone. Jus bawang putih mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal- gatal dengan cepat. 

Kandungan anti bakteri pada bawang putih membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan dan menyembuhkan masalah paru-paru seperti asma, masalah pernafasan, dll. Bawang putih juga mampu menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia.

Kandungan polisulfida pada bawang putih diubah menjadi gas yang disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hydrogen sulfide memperbesar pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah. 

Allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat memblokir aktivitas angiotensin II dan membantu mengurangi tekanan darah. Angiotensin II adalah protein yang membantu pembuluh darah berkontraksi sehingga meningkatkan tekanan darah. 

Kandungan allicin dan aliin dalam bawang putih juga berkaitan dengan daya anti kolesterol. Bawang putih memiliki khasiat untuk mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol serta mengurangi pembentukan plak pada arteri.

Mengonsumsi bawang putih selama kehamilan dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia, yang meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine. Bawang putih juga membantu menaikkan berat badan bayi yang terlalu kecil. Mengkonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan komplikasi pada kelahiran. 


Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan


Penuaan adalah hal yang lumrah terjadi pada manusia yang tidak dapat dihindari. Penuaan ditandai dengan kulit yang keriput, penurunan kapasitas fisik, kehilangan memori atau ingatan, penurunan fungsi organ-organ indera seperti mata, telinga dan hidung, dan penurunan fungsi fisiologis lainnya seperti pencernaan dan fungsi kardiovaskular, seperti kanker, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. 

Penuaan bisa disebabkan karena hilangnya kolagen dan keelastisan kulit. Kolagen berperan aktif untuk meregenerasi kulit. Kolagen adalah turunan protein yang membantu mendukung tendon, ligamen dan pembuluh darah, serta menjaga kulit dan organ tubuh lain secara bersama- sama.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, antioksidan berperan penting dalam hal ini. Antioksidan  di dalam bawang putih memiliki kemampuan memperlambat proses penuaan dan membantu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. 

Antioksidan di dalam bawang putih membantu tubuh untuk melawan efek penuaan dari radikal bebas, melalui proses yang disebut sebagai oksidasi. Pada dasarnya radikal bebas adalah molekul tidak berpasangan, tidak stabil, yang terbentuk oleh beberapa proses alami dalam tubuh, yang mencari molekul lain untuk menstabilkan diri mereka sendiri dan memicu efek domino dari molekul tidak stabil dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan perubahan DNA dan kerusakan sel kulit.

Berbagai riset telah menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat pada bawang putih dapat membantu melunturkan sel lemak yang terbentuk dalam tubuh seseorang. hal ini kan membuat tubuh kamu menjadi langsing dan cantik.

Selain itu, bawang putih juga dapat menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan bawang putih, cara perawatannya sangatlah sederhana, haluskan bawang putih dengan parut atau blender, kemudian oleskan pada bagian kulit yang ada komedonya, biarkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin maka komedo di wajah pun akan hilang.

Selanjutnya, bawang putih juga dapat menghilangkan noda bekas luka. Memiliki noda bekas luka dapat membuat penampilan kita menjadi kurang maksimal, meskipun noda yang satu ini agak sulit untuk di hilangkan namun bisa di atasi secara pelan tapi pasti dengan bahan alami yaitu bawang putih. Caranya iris bawang putih menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan pada noda bekas luka, lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur. Namun hati-hati untuk pemakaian di area wajah, karena sifat panas pada bawang putih terkadang membuat wajah menjadi iritasi, bahkan terbakar. Hal terbaik untuk memperoleh khasiatnya adalah dengan mengonsumsi bawang putih.


Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat


Bawang putih membantu mengontrol virus, bakteri, ragi, dan infeksi cacing. Bawang putih segar dapat mencegah keracunan makanan. Bawang putih juga dapat membunuh bacteria seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll.

Bawang putih juga memiliki sifat antibiotik dan anti inflamasi untuk penyembuhan jerawat, luka sayat dan luka gores. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada luka dan jerawat. Ini disebabkan karena bawang putih memiliki senyawa antimikroba yang disebut allicin untuk membantu mencegah infeksi bakteri pada luka dan jerawat. 

Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat bakteri, seperti kurap, panu, dan jerawat. Kemampuan bawang putih melawan infeksi dan bakteri membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi kurap, panu, jerawat dan masalah kulit lainnya.

Nah, untuk pengobatan jerawat pada kulit, caranya cukup mudah, yaitu seduh bawang putih yang telah di tumbuk dengan air panas, lalu gunakan untuk mengompres jerawat yang terdapat pada jidat kamu. Tunggu 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Sedangkan untuk pengobatan pada luka, seduh bawang putih yang telah di tumbuk dengan air panas, lalu gunakan untuk mengompres luka.


Manfaat Bawang Putih Untuk Telinga


Kotoran telinga atau yang lebih dikenal sebagai serumen dalam dunia kedokteran, merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar di liang telinga yang akan melapisi kulit liang telinga. Kotoran telinga identik dengan cairan kental berwarnya kekuningan yang melekat pada liang telinga. 

Sebenarnya, serumen ini berfungsi untuk menangkap debu atau partikel kecil yang berpotensi merusak atau menyebabkan infeksi agar tidak masuk ke dalam telinga. Namun banyak orang merasa risih dengan kotoran telinga ini, karena dianggap kotor dan jorok, sehingga harus dibersihkan. 

Serumen yang terdapat di dalam liang telinga akan berjalan menuju ke bagian luar dari telinga, proses ini dibantu oleh gerakan rahang saat kita mengunyah dan berbicara. Saat serumen telah mencapai area yang dapat dilihat, bersihkan bagian luar telinga dengan tissue atau kain bersih yang berbahan halus. 

Hindarilah penggunaan kapas pembersih telinga (cutton bud), terutama yang bersifat kasar, karena dapat menyebabkan kulit liang telinga terluka dan menimbulkan infeksi bahkan ketulian. Gunakan cotton bud hanya untuk pada bagian daun telinga (luar) saja dengan cara mengusap perlahan. 

Sedangkan untuk serumen yang keras dan padat, masukan cairan serumen olitik (cairan untuk melarutkan serumen) ke dalam liang telinga. Cairan untuk melarutkan serumen ini bisa berupa baby oil, mineral oil, glycerin, tetes telinga berbahan peroxida, hydrogen peroxide dan larutan garam. 

Serumen sebenarnya juga dapat diangkat dengan alat khusus yang biasanya dimiliki oleh dokter, seperti sendok serumen, forsep, atau alat penghisap. kamu dapat melakukan kunjungan ke dokter spesialis THT jika mengalami keluhan serius pada telinga. Namun tentu cara ini memakan biaya yang tidak sedikit serta memakan waktu yang lama.

Nah, untuk itu, cara cepat membersihkan telinga selain dengan cutton bud adalah dengan bawang putih. Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk membersihkan kotoran telinga. Bawang putih akan membantu menjaga kebersihan telinga dan menyembuhkan telinga yang bermasalah. 

Bawang putih memiliki manfaat yang besar untuk telinga jika kamu menaruh potongan bawang putih ke dalam telinga selama semalam. Bawang putih bisa mencegah infeksi dan menyehatkan kuping. Bawang putih akan membantu melembutkan dan menghilangkan sejumlah kotoran di telinga, sehingga telinga akan terjaga kebersihannya. 

Untuk membersihkan telinga dengan bawang putih Caranya adalah dengan memotong bawang putih. Ambil bagian tengahnya, letakkan di telinga dengan menghadap ke atas. Bagian tengah dari bawang putih biasanya lebih berwarna kekuningan dibanding bagian lainnya. Selanjutnya, pastikan bawang dalam posisi yang pas untuk diletakkan semalaman di telinga kamu. Di pagi hari, segera cuci telinga dengan air bersih sampai sisa bawang putih hilang dari telinga. 


Manfaat Bawang Putih Untuk Rambut


Rambut yang sehat menjadi simbol bagi kecantikan kaum wanita. Rambut dianggap dapat melambangkan kecantikan seseorang, serta dapat menambah rasa percaya diri dari orang tersebut.

Untuk mendapatkan rambut yang indah, ada banyak cara merawat rambut yang dapat kamu lakukan, baik lewat perawatan khusus di salon kecantikan, ataupun dilakukan sendiri dengan bahan-bahan alami. 

Perawatan rambut untuk rambut yang rusak tentunya berbeda dengan cara merawat rambut yang normal. Karena kondisi rambut kulit kepala dari keduanya memanglah sangat berbeda. Rambut yang rusak umumnya mengalami gangguan seperti rambut mudah patah, bercabang, berketombe dan gangguan rambut lainnya. 

Ketombe pada kulit kepala akan terasa sangat gatal karena perkembangan bakteri di dalamnya. Namun menggaruk kulit kepala secara berlebihan ketika mengalami ketombe dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala atau yang sering di sebut dengan iritasi. Kerusakan pada kulit kepala tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. 

Ketombe sebenarnya tidak secara langsung dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, tapi hal tersebut terjadi ketika seseorang sering menggaruk kulit kepala yang berketombe sehingga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Nah, untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi masalah rambut. Karena selain membasmi ketombe, kandungan sulfur dalam bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Ini dikarenakan sulfur yang terkandung memiliki peran sebagai peningkat sirkulasi darah dan juga penguat rambut. Untuk mengatasi ketombe, siapkan bawang putih, lemon, dan beberapa tetes madu. Haluskan semua campuran tersebut, dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut sampai bersih, bila perlu gunakan sampo agar rambut semakin sehat.


Manfaat Bawang Putih Untuk Keputihan


Keputihan merupakan permasalahan yang banyak dialami wanita. Kebanyakan wanita tidak mengetahui penyebab keputihan dan membiarkannya begitu saja. Padahal, jika tidak ditangani dengan baik, keputihan bisa berakibat fatal, seperti kemandulan dan kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan). Selain itu, keputihan juga adalah gejala awal kanker rahim. 

Saat wanita sedang hamil, keputihan adalah hal umum yang akan dirasakan, karena adanya perubahan hormonal yang terjadi, hingga memicu produksi cairan meningkat. Selain itu, wanita hamil yang mengalami penurunan keasaman di vaginanya, yang juga mengakibatkan pencernaan mengalami perubahan.  Hal tersebut menyebabkan meningkatnya resiko sering terjadinya keputihan pada wanita hamil, terutama keputihan yang diakibatkan adanya infeksi jamur.

Pada wanita hamil, infeksi inilah yang mengakibatkan meningkatnya resiko bayi lahir prematur. Bayi pun akan turut terkena infeksi dari keputihan yang di alami ibunya. Bayi yang mengalami infeksi akibat bakteri dapat menyebabkan kebutaan. Sedangkan bayi yang terkena infeksi virus berisiko mengalami gangguan pencernaan dan gangguan pernapasan, hingga bisa menyebabkan mengalami kematian. 

Nah, untuk menghindarinya, meminum air seduhan bawang putih adalah salah satu solusinya. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.


Manfaat Bawang Putih Untuk Pria Dewasa


Dalam kehidupan berumah tangga, keharmonisan antar pasangan suami istri perlu dijaga. Menjaga hubungan yang harmonis antar pasangan suami istri akan membuat pasangan suami istri akan menjadi lebih bahagia.

Salah satu keharmonisan yang harus dijaga oleh pasangan suami istri adalah hubungan di atas ranjang. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan berumah tangga. Salah satunya adalah dengan meningkatkan stamina suami.

Untuk meningkatkan stamina suami di atas ranjang, vitamin- vitamin dan mineral- mineral tertentu yang terdapat pada makanan dipercaya memiliki khasiat meningkatkan gairah saat berhubungan intim. 

Nah, untuk itu, salah satu vitamin yang wajib di konsumsi adalah ekstrak bawang putih. Mengonsumsi ekstrak bawang putih atau suplemen bawang putih dapat membantu dalam meningkatkan gairah dan stamina  suami istri saat bercinta. 

Hal ini bisa disebabkan karena kandungan aphrodisiac bawang putih memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu ereksi dan mendongkrak stamina seks. Mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan kadar testosteron dan menghambat pertumbuhan cortisol. 

Cortisol adalah hormon yang bersaing dengan testosteron. Sedangkan hormon testosteron merupakan hormon reproduksi yang sangat penting bagi pria. Dalam tubuh pria, hormon testosterone bermanfaat untuk menambahan kekuataan dan ukuran otot, mengurangi kadar lemak dalam tubuh, meningkatkan keinginan seksual dan tenaga batin, meningkatkan mood, dan menurunkan kadar kolesterol yang merugikan.

Namun demikian, selain dapat meningkatkan aktivitas seksual, bawang putih ternyata juga dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi tubuh tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

1 komentar: