Manfaat Bawang Bombay

08.05
Manfaat Bawang Bombay
Manfaat Bawang Bombay

Seperti jenis bawang lainnya, bawang bombay juga memiliki segudang manfaat. Bawang bombay lebih dikenal sebagai sayur daripada sebagai rempah atau sebagai penyedap masakan dan diketahui dapat mengobati berbagai penyakit.

Bawang bombay memiliki nama latin Allium Cepa Linnaeus. Bawang ini berbentuk bulat dan berukuran sekepalan orang dewasa. Umbi pada bawang bombay terbentuk dari lapisan- lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Bawang bombay dibawa oleh pedagang yang berasal dari kota Bombay atau Mumbai di India ke Indonesia, karena itulah dinamakan bawang bombay. Ukurannya besar seukuran bola golf, umbinya beruas, berlapis, tinggi kandungan air, dan bergetah. Bentuknya, dengan daging kuning muda dan keemasan, serta memiliki kulit tipis.

Bawang Bombay menjadi jenis bawang yang paling banyak dan luas dibudidayakan karena sering dipakai sebagai bumbu maupun bahan masakan. Bawang bombay dimanfaatkan sebagai bumbu beragam masakan. Umumnya, bawang bombay dicincang halus dan dijadikan campuran hidangan utama, salad, serta camilan.  Bawang bombay biasa di masak, dipanggang, digoreng, bahkan dimakan mentah, atau ditambahkan sebagai penambah citarasa dan penambah penampilan hidangan. 

Nah, berikut adalah manfaat makan bawang bombay :


Manfaat Bawang Bombay Bagi Kesehatan 


Bawang bambai mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah kalori, protein, lemak nabati, karbohidrat, serat, abu, kalsium adalah beberapa zat yang terkandung di dalam bawang Bombay. Bukan hanya itu saja, bawang Bombay juga mengandung Abu,fosfor, zat besi, natrium, Serat, Lemak, Protein, Karbohidrat, kalium, Zat Besi, air, Kalori, serta niacin. Selain itu terdapat berbagai vitamin yakni vitamin A, B1, B2 dan vitamin C.

Bawang Bombay juga kaya akan phytochemical yang dapat membantu untuk memaksimalkan kinerja vitamin C di dalam tubuh. Selain itu, phytochemical juga berguna untuk melancarkan peredaran darah serta menurunkan resiko inflamasi yang memiliki efek menyehatkan bagi sistem kardiovaskular.

Bagi yang menderita alergi atau asma, bawang bombay memiliki kandungan quercetin yang memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-radang dan anti-alergi. Bawang bombay  memiliki seperti efek antihistamine karena kandungan quercetin sebagi zat antioksidan yang berfungsi sebagai agen antiperadangan. Dalam sebuah penelitian, quercetin terbukti mampu mencegah sel imuno mengeluarkan histamine atau bahan kimia penyebab reaksi alergi, pada penyakit asma dan alergi.

Kandungan vitamin C, quercetin, dan mineral mangan, dalam bawang bombay juga sangat ampuh untuk menguatkan sistem imun serta mencegah inflamasi. Dengan menguatkan sistem imun, secara otomatis tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, seperti demam dan influenza.


Manfaat Bawang Bombay untuk Pencegahan Kanker 


Sebuah penelitian pada 2006 yang dipublikasikan Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan sinergi keduanya mampu menurunkan jumlah dan ukuruan sel kanker pada usus. Hal ini disebabkan karena bawang bombay kaya akan senyawa sulfida, yang berkhasiat melindungi sel-sel  tubuh terhadap pertumbuhan tumor.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Mengendalikan Kadar Glukosa Darah


Makan bawang bombay dapat membantu mengurangi kadar glukosa di dalam darah. Bawang bombay meningkatkan pelepasan insulin dan meregulasi tingkat gula darah pada diabetes. Bawang bombay mengandung Allyl propyl disulphide dan mineral krom (chromium) yang membantu meningkatkan produksi insulin, sehingga menurunkan tingginya kadar gula darah (glukosa) yang disinyalir sebagai penyebab diabetes.

Sebagai obat diabetes, bawang bombay bisa dikonsumsi setiap hari sesudah makan. Pagi, siang dan malam masing-masing dua atau tiga siung sekali makan. Namun bagi penderita diabetes, sebaiknya periksa laboratorium dulu sebelum menggunakan resep ini. Setelah menggunakan resep ini selama seminggu, sebaiknya cek lagi di laboratorium. Apabila terjadi penurunan kadar gula darah cukup banyak, dosis sebaiknya diturunkan. Apabila kadar gula dalam darah mendekati normal, kurangi lagi konsumsi bawang bombaynya.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Penyakit Jantung


Mengkonsumsi setengah potong bawang Bombay mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. karena jika jumlah kolesterol melebihi yang dibutuhkan, maka kolesterol itu akan mengendap pada dinding-dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan yang biasa dinamakan aterosklerosis. Bila penyempitan terjadi pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan jika penyempitan terjadi di pembuluh darah otak maka akan terjadi penyakit serebro vaskuler. Selain itu, risiko penderita juga meningkat jika dia menderita hipertensi, diabetes, atau memiliki keluarga yang menderita penyakit jantung atau stroke. 

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan The Journal of Nutrition, quercetin dalam Bawang bombay  diketahui juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan turunnya kolesterol jahat tersebut, secara otomatis kesehatan jantung.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Memutihkan Gigi


Bawang bombay memiliki kandungan kalsium dan vitamin C yang dapat melawan bakteri dalam mulut serta dapat memutihkan gigi yang kuning. Cukup menguyah Bawang bombay  mentah, dapat menguatkan gigi dan membunuh bakteri penyebab pembusukan di gigi. Cara ini tergolong ampuh untuk membersihkan plak gigi dan efektif menghilangkan bau mulut.

Selain itu, kandunagn sifat antibakteri dan anestesi di dalam bawang bombay dapat membantu menyembuhkan sakit gigi. Bawang bombay ampuh mengatasi sakit gigi pada gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik alami. Cukup lumatkan sedikit bawang bombay, lalu tempelkan pada gigi berlubang. Biarkan 5 menit, lalu berkumur menggunakan air hangat.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Mencegah Penggumpalan Darah


Bawang bombay mengandung bahan anti-penggumpalan darah. Khasiat anti pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene dalam bawang bombay membantu mencegah terbentuknya darah beku dalam pembuluh darah. Pembentukan darah beku pada tubuh dapat meningkatkan risiko pendarahan setelah operasi. Kandungan sulfur dalam bawang bombay berkhasiat mencegah penggumpalan darah.

7. Manfaat makan Bawang bombay untuk mencegah sembelit dan memperlancar sistem pencernaan
Bawang Bombay kaya akan serat yang sangat berguna bagi sistem pencernaan kamu. Bawang bombay juga mengandung prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik) dalam sistem pencernaan sehingga membantu fungsi pencernaan.

Selain itu, serat dalam bawang bombay juga berfungsi memperbesar volume makanan tanpa meningkatkan kandungan kalori serta menimbulkan rasa kenyang, menyerap air dan membentuk gel kental selama proses pencernaan, memperlambat pengosongan perut dan waktu transit pencernaan, melindungi karbohidrat dari enzim pencernaan, dan memperlambat penyerapan glukosa, mengatur gula darah, memperlancar jalannya makanan dalam sistem pencernaan, menambah massa ukuran tinja, menyeimbangkan pH pencernaan dan merangsang fermentasi pencernaan untuk memproduksi asam lemak yang lebih sederhana.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat


Bawang bombay memiliki kandungan serat yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, yang biasanya memicu terjadinya penyakit kardiovaskular. Kolesterol erat kaitannya dengan serat. Saat serat berjalan melalui seluruh tubuh, serat tersebut akan mengangkut kolesterol yang pada dasarnya melalui alur yang sama. 

Serat di dalam bawang bombay mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat. Kurangnya serat larut dalam tubuh bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh. Asupan tinggi serat larut dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total dan LDL hingga 60-70%.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Otak


Bawang bombay banyak mengandung vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, folat dan thiamin yang merupakan nutrisi penting bagi otak dan berperan dalam mencegah gangguan syaraf. Jika kamu mengkonsumsi bawang hitam secara teratur, maka bisa menurunkan risiko untuk terkena penyakit demensia atau Alzheimer di usia muda.


Manfaat Bawang Bombay Untuk Mencegah Osteoporosis


Mengkonsumsi daun bawang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, bawang bombay mengandung beberapa nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang berupa mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor. Dengan kandungan kalsium serta berbagai zat lain yang sangat berguna untuk mengganti pengeroposan tulang, sehingga sangat dianjurkan bagi wanita yang mengalami osteoporosis. Dengan rutin mengkonsumsi bawang Bombay bisa menurunkan resiko tulang terkena osteoporosis pada saat memasuki usia lanjut.

0 komentar