Manfaat Bawang Merah

07.45
Manfaat Bawang Merah
Manfaat Bawang Merah

Bawang merah atau yang memiliki nama latin Allium cepa L. merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat, bila dilihat dari nilai ekonominya yang tinggi maupun dari kandungan gizinya yang juga tinggi. Ha ini karena tanaman bawang merah menjadi kebutuhan yang digunakan sebagai pelengkap bumbu masak sehari- hari.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, kegunaan lain dari bawang merah adalah sebagai obat tradisional yang manfaatnya telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Tanaman bawang merah memang telah dikenal sebagai tanaman rempah dapur yang sering juga di jadikan obat dengan banyak manfaat. Bawang merah telah digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit. 

Namun demikian, meski telah dikenal sejak zaman dahulu kala, ternyata tanaman bawang merah tidak berasal dari Indonesia. Tanaman bawang merah umumnya dibawa dari daerah asalnya yang kemudian dibudidayakan di Indonesia karena manfaatnya yang besar untuk kehidupan masyarakat.

Tanaman bawang merah diduga berasal dari negara- negara bagian Asia Tengah, terutama di sekitaran Palestina dan India. Namun sebagian literatur juga memperkirakan bahwa tanaman bawang merah berasal dari Asia Tenggara dan Mediterranean.

Bawang merah digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan. Bawang merah biasanya diolah dengan menghaluskanya kemudian mencampurnya ke dalam masakan atau bisa juga dipotong kemudian digoreng sebagai taburan pelengkap dan hiasan hidangan.

Bawang merah memiliki kandungan senyawa seperti Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, zat pati, vitamin C, asam folat, serat, kalsium, dan juga zat besi. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat yang dapat mengatur secara alami hormon auksin dan giberilin.

Minyak atsiri pada bawang merah berfungsi untuk melancarkan perderan darah. Saponin adalah salah satu zat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak ketika batuk. Sedangkan peptida berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. 

Khasiat bawang merah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bawang merah juga memiliki kandungan senyawa antiseptik alliin yang bersifat anti-mikroba dan bakterisida, yang juga ada pada bawang putih. 

Selain itu, bawang merah ternyata bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis, seperti diabetes militus, wasir, membunuh bakteri, anti radang, mencegah TBC, dan menyembuhkan radang paru-paru. 


Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh


Bawang merah merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab berbagai macam kanker. Bawang merah juga memiliki banyak kandungan senyawa belerang atau sulfur. Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih.

Vitamin C atau dikenal dengan asid absorbic adalah nutrisi yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan kolagen yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh serta membantu penyerapan zat besi.

Vitamin C sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di dalam tubuh. Tubuh membutuhkan asupan vitamin C ini untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang membantu mendukung tendon, ligamen dan pembuluh darah, serta menjaga kulit dan organ tubuh lain secara bersama-sama. Vitamin C juga berguna untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, serta membantu memperkuat sistem kekebalan kita agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit. 

Selain itu, bawang merah juga biasanya digunakan untuk mengolesi tubuh bayi ketika masuk angin ataupun demam. Anak-anak memang sangat mudah masuk angin, yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar dan perut serta balurkan ke sekujur punggung anak untuk meredakan batuk pada anak.

Selanjutnya, mengonsumsi bawang merah saat sedang terserang flu dan demam juga bisa mengurangi keparahan gejala demam karena flu biasa, termasuk peradangan, hidung meler dan sakit kepala. Bawang merah juga mengontrol alergi yang bisa menyebabkan demam. Hal ini akan mengurangi kadar histamin, dan seringkali dapat mempercepat menghilangkan demam.

Minum jus bawang merah mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal- gatal dengan cepat. Kandungan anti bakteri pada bawang merah membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan dan menyembuhkan masalah paru-paru seperti asma, masalah pernafasan, dll.

Makan bawang merah juga bisa membantu menurunkan kadar lemak  dan menjaga berat badan yang sehat. Dokter telah menemukan bahwa mengonsumsi bawang merah dapat menurunkan insulin, sehingga tubuh tidak menyimpan gula dan mengkonversinya menjadi lemak untuk digunakan sebagai bahan bakar tubuh.

Untuk mengobati diabetes, siapkan 3 bawang merah, 10 buncis, 10 daun salam. Cuci bersih semua bahan, iris, lalu rebus dengan 1/2 gelas air. Saring dan minum airnya sekali sehari. Periksakan gula darah 2 minggu kemudian.

Berikutnya, makan bawang merah juga bisa membantu menangkal gangguan usus dan lambung. Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah yang tinggi telah dikaitkan dengan rendahnya risiko terhadap kanker usus dan kanker kolorektal. Caranya  air rebadalah dengan minum air rebusan bawang merah sebanyak 7 gram. Ramuan ini juga bisa membantu meredakan nyeri atau rasa panas yang muncul saat buang air kecil.

Manfaat bawang merah juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Serat yang dikandung bawang merah dapat membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus sehingga dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan. 


Manfaat Bawang Merah Untuk Wajah


Makan bawang merah dapat meremajakan kulit. Kulit akan menjadi terasa lebih cerah dan bersih dengan bawang merah karena bawang merah mampu merangsang pembentukan kolagen. Kolagen berperan aktif untuk meregenerasi kulit sehabis luka. Kerutan dan lipatan pada kulit anda dapat tersamarkan dengan bawang merah. Karena itu, mengkonsumsinya secara rutin adalah tindakan tepat.
Makan bawang merah juga dapat menangkal radikan bebas. Bawang merah mampu menangkal panas sinar matahari sehingga kulit akan tetap aman. Selain itu, radikal bebas pun dapat ditangkal sehingga meski kamu  terkena polusi atau asap tetap akan mempunyai kulit yang bagus dengan rajin mengkonsumsi bawang merah.

Selanjutnya, makan bawang merah juga baik untuk anda yang memiliki kulit kering. Konsumsi bawang merah secara rutin baik untuk melembabkan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi pada bawang merah mampu menahan air sehingga kulit anda tetap lembab dan lentur. 

Antioksidan di dalam bawang merah membantu tubuh untuk melawan efek penuaan dari radikal bebas, melalui proses yang disebut sebagai oksidasi. Pada dasarnya radikal bebas adalah molekul tidak berpasangan, tidak stabil, yang terbentuk oleh beberapa proses alami dalam tubuh, yang mencari molekul lain untuk menstabilkan diri mereka sendiri dan memicu efek domino dari molekul tidak stabil dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan perubahan DNA dan kerusakan sel kulit.

Berbagai riset telah menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat pada bawang merah dapat membantu melunturkan sel lemak yang terbentuk dalam tubuh seseorang. hal ini kan membuat tubuh kamu menjadi langsing dan cantik.


Manfaat Bawang Merah Untuk Jerawat


Bawang putih juga memiliki sifat antibiotik dan anti inflamasi untuk penyembuhan jerawat. Jerawat yang sering timbul di wajah biasanya meninggalkan bekas noda hitam yang sulit dihilangkan. Untuk itu, gunakan bawang merah untuk mengatasi jerawat dan noda bekas jerawat. 

Selain itu, bawang merah juga dapat menghilangkan komedo maupun noda bekas luka. Caranya adalah dengan memanfaatkan bawang merah, cara perawatannya sangatlah sederhana, haluskan bawang merah dengan parut atau blender, kemudian oleskan pada bagian kulit yang ada komedonya atau pada noda bekas jerawat dan luka. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin maka komedo di wajah pun akan hilang.

Selain menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat, asam dalam bawang merah memiliki sifat pemutih kulit alami, yang dapat membantu melawan bintik- bintik gelap bekas jerawat yang hitam dan membandel. Caranya cukup blender bawang merah dan gunakan kapas untuk mengoleskannya ke kulit yang terdapat flek hitamnya. Biarkan 10 menit sebelum dibilas. 


Manfaat Bawang Merah Untuk Mengatasi Ketombe Rambut


Ketombe atau yang memiliki nama ilmiah Pityriasis capitis merupakan pengelupasan atau perontokan kulit mati atau sel- sel kulit mati yang berlebihan di kulit kepala . Ketombe terjadi ketika sel- sel kulit mati terjadi terus menerus dalam jumlah besar yang menyebabkan kulit kepala menjadi kemerahan dan iritasi. 

Ketombe pada kulit kepala akan terasa sangat gatal karena perkembangan bakteri di dalamnya. Namun menggaruk kulit kepala secara berlebihan ketika mengalami ketombe dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala atau yang sering di sebut dengan iritasi. Kerusakan pada kulit kepala tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. 

Ketombe sebenarnya tidak secara langsung dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, tapi hal tersebut terjadi ketika seseorang sering menggaruk kulit kepala yang berketombe sehingga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Nah, untuk itu, untuk mengatasi ketombe, kamu bisa memanfaatkan bawang merah. Masker bawang merah sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut yang rusak, kering, dan bercabang. kandungan sulfur dalam bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Ini dikarenakan sulfur yang terkandung memiliki peran sebagai peningkat sirkulasi darah dan juga penguat rambut. 

Caranya pun cukup mudah, yaitu siapkan bawang merah, lemon, dan beberapa tetes madu. Haluskan semua campuran tersebut, dan oleskan pada rambut. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampo anti ketombe agar lebih efektif lagi. Selain membasmi ketombe, kandungan sulfur dalam bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Ini dikarenakan sulfur yang terkandung memiliki peran sebagai peningkat sirkulasi darah dan juga penguatkan helai rambut.


Manfaat Bawang Merah Untuk Mengatasi Flu


Influenza atau flu adalah penyakit yang menginfeksi paru-paru dan persendian. Hal ini bisa menyebabkan pneumonia bahkan kegagalan pernafasan. Influenza umumnya menyerang saat musim tertentu atau saat pergantian musim. 

Flu umumnya menyerang saat musim hujan atau saat pergantian musim. Gejala influenza biasanya tiba- tiba mengalami demam tinggi, dan badan sakit-sakit terutama jika untuk berjalan. Flu menjadi ancaman tersendiri di musim hujan.

Hal ini tentu menakutkan karena penyakit flu sangat mudah menular melalui hidung, mata dan mulut. Untuk itu, saat seseorang terserang flu, penting untuk segera mengobatinya, agar penyakit tersebut tidak menyebar ke anggota keluarga lainnya. 

Gejala flu biasanya berupa tenggorokan yang sakit atau meradang, demam, sakit kepala, nyeri pada otot dan persendian tubuh, badan meriang atau menggigil kedinginan, dan batuk kering. Pada flu, gejala berupa hidung tersumbat dan berair juga bisa terjadi, namun tidak terlalu sering. Gejala flu biasanya meningkat secara perlahan selama dua atau lima hari. 

Gejala influenza biasanya tiba-tiba mengalami demam tinggi, dan badan sakit - sakit terutama jika untuk berjalan. Gejala lainnya termasuk iritasi di tenggorokan atau paru-paru, batuk kering, demam tinggi, tubuh gemetaran, berkeringat dingin, dan sakit otot yang parah.

Nah, untuk mengurangi gejala flu, mengonsumsi makanan seperti bawang merah yang kaya akan antioksidan vitamin C tentu akan sangat membantu. Anti oksidan pada bawang merah akan membantu melawan flu yang kamu derita.


Manfaat Bawang Merah Untuk Payudara


Kanker payudara menjadi hal yang paling ditakuti bagi banyak wanita. Ciri-ciri kanker payudara yang selanjutnya adalah biasanya penderita akan merasakan nyeri yang cukup mengganggu di bagian payudaranya. Apabila seseorang merasakan nyeri pada bagian payudara tanpa alasan yang jelas dan bukan karena sedang haid, kemungkinan itu salah satu tanda gejala kanker payudara.

Untuk menghindari kanker payudara, selain melakukan pemeriksaan ke dokter, seseorang juga bisa menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur dan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah atau melawan penyakit kanker payudara.

Salah satu makanan yang dapat mencegah kanker payudara adalah bawang merah. Bagi wanita, mengonsumsi bawang merah dapat mencegah kanker payudara. Bawang merah merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab berbagai macam kanker. Bawang merah juga memiliki banyak kandungan senyawa belerang atau sulfur. Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker lambung, kanker paru-paru, kanker usus, dan kanker prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran reproduksi wanita.


Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk


Bawang merah memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi dan anti bakteri. Kandungan anti alergi dan anti bakteri pada bawang merah membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang merah juga membantu infeksi saluran pernafasan dan menyembuhkan masalah paru- paru seperti asma, masalah pernafasan, batuk, dan lain sebagainya. 

Hal ini karena kandungan sulfur dalam bawang merah dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. 

Makan bawang merah mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Meminum jus bawang merah mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi sistem pernafasan yang kamu alami.

Senyawa minyak atsiri pada bawang merah berfungsi untuk melancarkan perderan darah. Sedangkan kandungan saponin di dalam bawang merah menjadi salah satu zat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak ketika batuk. Bawang merah juga menjadi salah satu obat mujarab untuk mengobati pendarahan di hidung dengan cara menghirup irisan bawang merah saat terjadi pendarahan di hidung. 

Kandungan sulfida methylallyl dan asam amino sulfur pada bawang merah memberikan efek penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Makan bawang merah mentah juga dapat meningkatkan produksi insulin. Mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali juga akan membantu memelihara kesehatan mulut dan gigi kamu.


Manfaat Bawang Merah Untuk Hipertensi


Penyakit darah tinggi atau hipertensi cukup banyak diderita oelah masyarakat saat ini.  Kondisi dimana tekanan darah mencapai batasan di atas normal ini, memang sangat mengkhawatirkan. Jika tidak ditangani sesegera mungkin,  maka akan fatal akibatnya bagi si penderita. Hal ini dikatakan buruk, karena darah tinggi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis, seperti serangan jantung dan stroke, bahkan seketika bisa berujung pada kematian.

Seseorang yang mengalami penyakit darah tinggi, maka dinding arterinya akan semakin sempit dan tebal, sehingga aliran darahnya akan sulit melewati arteri. Semakin keras upaya darah melewati arteri, maka detak jantung pun akan semakin kencang, yang mengganggu irama jantung. Kondisi ini akan mengakibatkan otot-otot dan pembuluh darah menjadi tegang, sehingga dapat berujung pada kematian.

Nah, kandungan sulfur dalam bawang merah dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis (mengerasnya pembuluh arteri). Sedangkan kandungan polisulfida pada bawang merah diubah menjadi gas yang disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hydrogen sulfide memperbesar pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.

0 komentar