Manfaat Bawang Hitam

08.12
Manfaat Bawang Hitam
Manfaat Bawang Hitam

Bawang hitam atau black garlic tentu menampilkan kesan yang misterius karena warnanya yang hitam. Melihat bawang hitam mungkin membuat kita menjadi kurang tertarik untuk memakannya atau mengolahnya dalam bentuk makanan. Namun meski demikian, bawang hitam ternyata mengandung segudang manfaat  bagi kesehatan seseorang justru karena warnanya yang hitam. 

Bawang Hitam telah dipakai ribuan tahun oleh bangsa china, jepang, dan korea sebagai suplemen kesehatan yang dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kronis, seperti kanker, jantung, stroke, dan lain sebagainya. 

Namun bawang hitam bukanlah bawang yang secara alami bewarna hitam. Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih yang telah di proses secara alamiah pada suhu tertentu dalam waktu yang lama dan panjang.

Proses kimia atau fermentasi pada bawang putih ini akan menghasilkan kandungan dan formulasi kimiawi baru, dengan efek farmakologis yang menjadikannya menjadi berwarna hitam. Bawang hitam ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan herbal atau suplemen untuk menjaga kesehatan, stamina, dan vitalitas tubuh.

Nah, jika kamu mulai merasa penasaran, cara pembuatannya pun cukup mudah. Cara fermentasi bawang putih untuk menjadi bawang hitam adalah dengan memasukkan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil, kemudian mangkuk ini diletakkan dalam oven dan dipanggang dengan suhu antara 25- 30 derajat selsius selama 40 hari atau 80 hari. Selama masa itu, kamu harus melakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Setelah 10 hari bawang akan berubah menjadi coklat, setelah 15 hari akan berubah menjadi semakin gelap, setelah 20 hari akan berubah menjadi hitam. Jika mau bersabar tunggu sampai 40 hari. Jika sudah hitam, letakkan bawang di tempat yang kering, namun hindari sinar matahari. Setelah 20 hari sampai 40 hari, bawang hitam sudah bisa di konsumsi untuk suplemen atau obat. Namun demikian, bawanghitam tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang alergi bawang putih, orang yang akan menjalani pembedahan dalam waktu dekat, dan orang yang sedang terserang migrain.

Selanjutnya, berikut adalah beberapa Manfaat Makan Bawang Hitam :


Manfaat Bawang Hitam Untuk Mencegah dan Mengobati Diabetes


Bawang hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding bawang merah dan bawang putih. Bawang hitam terbukti mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah antosianin. Antosianin adalah senyawa yang terdapat pada lapisan bawang hitam pada jenis bawang ini. Dalam bawang hitam, kandungan antosianin mencapai 200-400 miligram per 100 gram. Kandungan ini bahkan lebih tinggi dibandingkan bawang merah.

Kandungan antosianin yang ada pada bawang hitam berfungsi sebagai antioksidan, berperan penting baik bagi tanaman itu maupun bagi kesehatan kita. Peran antioksidan untuk kesehatan manusia adalah mencegah penyakit hati (hepatitis), kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan otak. Selain itu, bawang hitam juga mengandung vitamin B6, Zinc, dan mineral yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.


Manfaat Bawang Hitam Untuk Wajah


Penuaan bisa disebabkan karena hilangnya kolagen dan keelastisan kulit. Kolagen berperan aktif untuk meregenerasi kulit, membantu mendukung tendon, ligamen dan pembuluh darah, serta menjaga kulit dan organ tubuh lain secara bersama- sama.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, antioksidan berperan penting dalam hal ini. Antioksidan  di dalam bawang hitam memiliki kemampuan memperlambat proses penuaan dan membantu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. 

Antioksidan di dalam bawang hitam membantu tubuh untuk melawan efek penuaan dari radikal bebas, melalui proses yang disebut sebagai oksidasi. Pada dasarnya radikal bebas adalah molekul tidak berpasangan, tidak stabil, yang terbentuk oleh beberapa proses alami dalam tubuh, yang mencari molekul lain untuk menstabilkan diri mereka sendiri dan memicu efek domino dari molekul tidak stabil dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan perubahan DNA dan kerusakan sel kulit.

Selain itu, bawang hitam juga dapat menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan bawang hitam, cara perawatannya sangatlah sederhana, haluskan bawang hitam dengan parut atau blender, kemudian oleskan pada bagian kulit yang ada komedonya, biarkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin maka komedo di wajah pun akan hilang.

Selanjutnya, bawang hitam juga dapat menghilangkan noda bekas luka. Memiliki noda bekas luka dapat membuat penampilan kita menjadi kurang maksimal, meskipun noda yang satu ini agak sulit untuk di hilangkan namun bisa di atasi secara pelan tapi pasti dengan bahan alami yaitu bawang hitam. Caranya adalah haluskan bawang hitam, kemudian oleskan pada noda bekas luka, lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur sampai noda bekas jerawat atau luka memudar. Namun hati-hati untuk pemakaian di area wajah, karena terkadang membuat wajah menjadi iritasi, bahkan terbakar. Hal terbaik untuk memperoleh khasiatnya adalah dengan mengonsumsi bawang hitam.


Manfaat Bawang Hitam Untuk Penyakit Jantung


Bawang hitam telah dikenal khasiatnya dapat menyehatkan tubuh karena kandungan antioksidan yang sangat baik. Bawang hitam 10 kali lipat lebih baik dari bawang putih yang dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung oleh sebab itu bawang hitam sangat bagus untuk  di konsumsi oleh penderita serangan jantung. 


Manfaat Bawang Hitam Untuk Anemia


Bawang hitam juga menjadi sumber zat besi. Diallylsulphides yang terkandung dalam bawang hitam meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolism zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen menuju sel-sel darah di dalam tubuh. 

Zat besi membantu dalam proses pembentukan hemoglobin (sel darah merah) di dalam tubuh dan sebagai zat yang memberi bawang merah tua pada darah. Zat besi juga berguna untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. 


Manfaat Bawang Hitam Untuk Otak


Kandungan berbagai zat di dalam bawang hitam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak kita.  Jika kamu mengkonsumsi bawang hitam secara teratur, maka bisa menurunkan risiko untuk terkena penyakit demensia atau Alzheimer di usia muda. 


Manfaat Bawang Hitam Untuk Kanker


Mengonsumsi bawang hitam ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Sebab bawang hitam kaya akan zat antioksidan yang membantu untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, serta mencegah penuaan dini.

Bawang hitam mempunyai kelebihan 10 kali lipat dari khasiat bawang putih biasa. Maka dari itu bawang hitam sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita dari sekarang janganlah remehkan bawang hitam karena besar kahasiatnya.

Bawang hitam sangat baik untuk mengobati penyakit kronis, seperti kanker, tumor, jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya. Hal ini karena pisang yang lebih matang mengandung sifat anti-kanker yang memicu pembentukan sel- sel darah putih dan mencegah mutasi sel di dalam tubuh.


Manfaat Bawang Hitam Untuk Penyakit Tumor


Penyakit tumor bisa terjadi karena pola atau gaya hidup yang tidak sehat. Untuk menghindari tumor, seseorang bisa menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur dan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah atau melawan penyakit tumor, salah satunya adalah bawang hitam.

Menurut peneliti dari Jepang dan Cina di dalam jurnal yang ditulis oleh Wang, et al., 2010, bawang hitam berpotensi sebagai anti tumor. Dari hewan uji berupa tikus yang sengaja dibuat terkena tumor, setengahnya berhasil sembuh dari penyakitnya karena diberi asupan ekstrak bawang hitam. 


Manfaat Bawang Hitam Untuk Kesehatan Gigi


Meskipun bentuknya kecil, bawang hitam sangat tinggi akan kalsium yang mampu melindungi kesehatan tulang dan gigimu. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.


Manfaat Bawang Hitam Untuk Rambut dan Kuku


Bawang hitam sangat tinggi akan protein. Protein menjadi  nutrisi yang paling penting di dalam tubuh kita. protein memainkan banyak peran penting dalam menjaga kesehatan kita sekaligus membantu organ-organ penting dapat bekerja dengan baik. Protein merupakan komponen penting dari setiap sel dalam tubuh. Rambut dan kuku sebagian besar terbuat dari protein. Di dalam tubuh kita protein digunakan untuk memperbaiki sekaligus membangun beberapa komponen penting seperti sel, rambut, hormon, tulang rawan dan otot.

Selain itu, protein juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, mencegah diabetes, hingga meningkatkan kesehatan jantung  yang  sangat baik untuk di gunakan sebagai pengatur tekanan darah dan lain sebagainya. 


Manfaat Bawang Hitam Untuk Mengobati Panu dan Kutil


Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang hitam dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur, seperti kurap dan panu. Kemampuan bawang putih melawan infeksi dan bakteri membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi kutil dan masalah kulit lainnya. Caranya adalah dengan mengoleskan serbuk bawang hitam yang telah diberi sedikit air ke daerah kulit yang bermasalah.

0 komentar