Manfaat Bawang Lokio

Manfaat Bawang Lokio
Manfaat Bawang Lokio

Bawang lokio merupakan jenis bawang yang masih satu keluarga dengan bawang- bawang lainnya. Bawang lokio memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang daun, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Bawang lokio memiliki tangkai yang lebih panjang dengan warna yang cenderung putih.

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, bawang lokio memiliki banyak sekali manfaat yang tidak kalah dengan keluarga bawang- bawang lainnya. Bawang lokio bahkan telah diolah sebagai salah satu bahan ramuan herbal di Eropa, Amerika Utara dan sebagian Asia. 

Untuk jenis masakan, bawang lokio umumnya diolah sebagai campuran pada sup, saus, untuk mengurangi bau amis dari ikan, campuran untuk masakan ala Meksiko, atau ditambahkan sebagai penambah citarasa dan penambah cantik tampilan pada hidangan.

Bawang lokio memiliki rasa yang lebih ringan dan tidak terlalu menyengat bila dibandingkan dengan daun bawang lainnya jika ditambahkan dalam masakan. Bawang lokio memiliki aroma yng lebih lembut dan rasa yang lebih ringan dibanding jenis bawang daun lainnya.

Untuk kesehatan, bawang lokio juga tidak kalah dengan jenis bawang lainnya. Daun bawang lokio kaya akan lutein  sebagai agen karoten. Daun bawang lokio juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat bawang lokio, berikut adalah beberapa penjelasannya :


Bawang Lokio Mencegah Masalah Pada Sistem Pencernaan


Kandungan yang terdapat pada bawang lokio seperti serat, flavonoid, sulfur, alkolio dan zat lainnya yang terdapat pada bawang lokio dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mengatasi masalah pencernaan. 

Aktivitas antioksidan bawang lokio juga dikaitkan dengan kapasitasnya untuk menetralisir radikal bebas, menghambat enzim yang bertanggung jawab atas produksi jenis oksigen reaktif, menarik ion logam, dan meningkatkan komponen seluler penghambat antioksidan. Kandungan flavonoid di dalam bawang lokio juga membantu mengikat protein yang mengatur sekresi cairan di dalam usus kecil.

Selain itu, bawang lokio juga memiliki sifat antibakteri alami yang mampu melawan berbagai jenis bakteri yang menyebabkan gangguan pada ssstem pencernaan. Dengan begini, maka pencernaan pun akan akan lebih sehat dan dapat bekerja dengan maksimal.


Bawang Lokio Mencegah Kanker


Seperti pada jenis bawang lainnya, bawang lokio juga mengandung senyawa quercetin yang mampu mencegah beberapa jenis penyakit kanker. Dalam berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa quercetin mampu mencegah berbagai macam jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru serta kanker ovarium. 

Selain itu kandungan antioksidan dan vitamin K dalam bawang lokio juga akan ikut serta dalam membantu dan mencegah berbagai jenis kanker, dengan cara mencegah radikal bebas berkembang dalam tubuh kita. Radikal bebas tersebut dapat memeprcepat penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. 

Kandungan vitamin K di dalam daun bawang lokio mampu memperkuat tulang. Vitamin K dapat meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. Vitamin K juga mampu mencegah kerusakan otak neuronal dan mencegah penyakit alzheimer. Selain itu, kandungan flavonid di dalamnya mampu menghindarkan dari serangan kanker paru-paru dan kanker mulut.


Bawang Lokio Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis


Kandungan vitamin K di dalam daun bawang lokio mampu memperkuat tulang. Vitamin K dapat meningkatkan produktivitas hormon osteotrophic dalam tulang yang mampu mencegah osteoporosis. 


Bawang Lokio Meningkatkan Kesuburan


Bawang lokio segar juga kaya akan kandungan asam folat dan vitamin C. Asam folat membantu meningkatkan kesehatan janin selama masa kehamilan dan juga meningkatkan kesehatan reproduksi baik bagi pria maupun wanita. Sedangkan vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menghalau serangan penyakit.


Bawang Lokio Mencegah Sariawan


Makan daun bawang lokio atau umbi pada bawang lokio ternyata juga dapat mencegah sariawan. Sariawan bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup, kehilangan banyak cairan, atau juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan nutrisi seperti Vitamin B 12 dan zat besi. Nah, bawang lokio mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, B 12 dan zat besi, sehingga sangat mampu sebagai salah satu makanan pencegah sariawan jika dikonsumsi sehari- hari. 


Bawang Lokio Mencegah Risiko Cacat Pada Kanin Dalam Kandungan


Bagi ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi bawang lokio atau daun pada bawang lokio selama masa kehamilan. Manfaat daun bawang lokio memiliki kandungan Vitamin K dan asam folat yang cukup tinggi yang baik untuk ibu hamil untuk menghindari risiko cacat pada bayi di dalam kandungan. Asam folat dan vitamin K akan memastikan perkembangan janin. Asam folat mampu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir dan vitamin K mencegah cacat pada organ tulang bayi.


Bawang Lokio Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat 


Daun bawang lokio mengandung lemak sehat berupa lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu tubuh semakin terjaga dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Bawang lokio juga mengandung senyawa allicin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. . Serat yang terkandung dalam bawang lokio tidak hanya bermanfaat dalam  sistem pencernaan tetapi juga bagi orang yang memiliki kolestrol tinggi. Serat dalam perjalanannya dapat mengankut kolestrol di pembuluh darah kembali ke organ yang membutuhkannya atau dibuang sebagai kotoran.


Bawang Lokio Mencegah Penyakit Jantung


Efek pada penurunan kadar kolesterol juga berdampak pada organ jantung agar tetap dalam kondisi sehat. Allicin dalam bawang lokio juga mampu menurunkan tekanan darah. Allicin dan kalium dalam bawang lokio bekerjasama dalam mengurangi ketegangan kardiovaskular. Adanya kandungan quercetin dalam bawang lokio ikut menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi timbunan plak di dalam arteri, sehingga kita akan terhindar akan terhindar dari penyakit kardiovascular.


Bawang Lokio Menetralisir Racun Dalam Tubuh


Daun bawang lokio juga merupakan sumber yang baik bagi klorofil dan vitamin K. Kaya garam mineral dengan unsur-unsur alkali sangat mendominasi. Hal ini yang membantu menjaga darah tetap bersih, pikiran dan tubuh dalam keadaan sehat. Kandunagn mineral dalam daun bawang lokio dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami ini akan dapat dirasakan, sehingga tubuh akan terbebas dari racun, yang akhirnya berkontribusi terhadap kesehatan organ hati.


Bawang Lokio Membantu Pemulihan Jaringan


Makan bawang lokio bisa mempercepat bangkitnya kembali otot- otot lelah, jaringan, dan saraf. Bawang lokio tinggi akan kandungan magnesium yang memiliki peran penting dalam pemulihan jaringan, saraf, otak, dan otot, yang berkontribusi memperpendek waktu pemulihan.

0 komentar